JURNAL SKRIPSI
Paper 1
Penulis : Sohidin, N. Hamidi,
Sanbandi
Tahun : 2018
Review : Muhammad
Devan Haidar
KESUKSESAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
SYARIAH PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) DI KABUPATEN KLATEN
A.
Latar
Belakang
BMT Ta’awun dan BMT Barepan memiliki karakteristik
usaha yang sama. Badan usaha kedua BMT tersebut adalah koprasi atau dikenal
dengan koprasi jasa keuangan syariah dan menjalankan usahanya melalui
prinsip-prinsip syariah. Kedua BMT bertujuan mengembangkan ekonomi anggota
dengan mobiliasasi dan megembangkan usaha lembaga sebagai lembaga perantara
untuk menyalurkan keuangan ekonomi anggota dengan melakukan usaha sebagai
perantara keuangan yang dari kelebihan dana atau aghniya, selain itu BMT juga menerima titipan dan zakat, infaq, dan
sadaqoh kemudian dikelola sesuai dengan peraturan dan amanahnya.
B.
Studi
Pustaka
BMT terdiri dari
dua istilah yaitu baituk mal dan baitul tanwil. Dalam bahasa Indonesia berarti
rumah uang dan rumah pembiyaan. Baitul mal aktivitasnya lebih pada usaha-usaha
dan pengumpulan dan penyaluran dana non-provit sedangkan baitul tamwil adalah
lembaga keuangan yang kegiatanya menghimpun dana masyarakat dalam bentuk
tabungan (simpanan) dan deposito yang kemudian menyalurkan kembali dalam masyarakat
dalam bentuk kredit atau pembiyaan berdasarkan prinsip syariah.
C.
Metode
Penelitian
Metode yang
digunakan pada kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan yang bersifat
partisipasi, dimana BMT turun serta dalam setiap kegiatan. Langkah pertama yang di tempuh adalah
mengambil informasi mengenai permasalaha-permasalahan yang belakangan ini
dihadapi oleh BMT mitra yang berkaitan dengan pengelolaan kauangan. Langkah
kedua adalah pelatihan system informasi akuntansi untuk operasional pengelolaan
asset (dana) yang ada di BMt mitra. Langkah ketiga adalah mengevaluasi seluruh
kegiatan pelatihan dengan menggunakan kuesioner, yaitu disusun dengan
mengunakan dasar Information System Model
, bahwa model ini dapat memahami dan mengukur dimensi keberhasilan implementasi
system informasi.
D.
Hasil
Kegiatan
1. Tahap
Pelatihan
Kegiatan pelatihan
dilakukan di BMT mitra pengabdi, di hadiri oleh 24 peserta yang terdiri dari
pemimpin, manajer, dan para staf BMT mitra. Terdapat tiga tahapan pelatihan
yaitu sebagai berikut. Pertama, pelatiha input data nasabah baru dalam system dan
menghapus data nasabah. Kedua,
pelatihan penggunaan system untuk pelayanan kepada nasabah. Pelatihan ini di
tujuakan untuk pengguna system sebagai pelayanan simpan pinjam nasabah. Ketiga, peltihan untuk membuat output
laporan system, dilakukan dengan cara memastikan terlebih dahulu bahwa tidak
ada tarnsaksi saat akan print out.
2. Hasil
Evaluasi Kegiatan
Dimana hasil
menunjukan terdapat 54% peserta sangat setuju menganggap bahwa SIA yang di
latihkan mudah untuk digunakan, sedangkan 29% menganggap setuju dengan hal
tersebut, sebesar 17% peserta menganggap cukup setuju, hal ini di karenakan
mereka membutuhkan penyesuaian terhadap prosedur komputerisasi dari sebelumnya
yang masih prosedur konvensional.
E.
Kesimpulan
Hasil
evaluasi menunjukan bahwa implementasi system informasi akuntansi (SIA)
merupakan salah satu solusi yang tepat
untuk meningkatkan kinerja BMT. Kegiatan pelatihan dan implementasi ini
memberikan gambaran bahwa pengguna evaluasi aspek kualitas informasi dan
kualitas SIA yang di latihkan telah mampu mengukur respon peserta setelah
mereka mengikuti serangkaian pelatihan SIA.
DAFTAR PUSTAKA
Sohidin,dkk.
2018. Kesuksesan Implementasi Sistem
Informasi Akuntansi Syariah pada Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) di Kabupaten
Klaten. 19(4), 9-30.
Paper 2
Penulis : Harry Dhika
Tahun : 2016
Review : Muhammad
Devan Haidar
PERANCANGAN SISTEM INFORMASI JASA
PENGIRIMAN BARANG BERBASIS WEB
A. Pendahuluan
Saat ini perkembangan teknologi sudah mengarah kepada
hal yang jauh lebih global seperti penggunaan web pada sebuah perusahaan.
Perusahaan transportasi merupakan salah satu diantaranya, melakukan pengiriman
barang dari perkotaan hingga pedesaan, dari sabang hingga merauke. Perusahaan
tersebut tentunya membutuhkan sistem informasi manajemen baik dalam pengelolaan
data, informasi atau profil perusahaan, hingga menampilkan biaya dan melakukan
pemesanan jasa pengiriman barang yang keseluruhan aktifitasnya dapat dilakukan
menggunakan halaman web. Oleh karena itu kebutuhan akan web profil atau
manajemen saat ini sangatlah mendesak untuk kemajuan perusahaan. Untuk itu
perlu dilakukan perancangan sistem informasi jasa pengiriman barang yang hanya
dilakukan menggunakan atau berbasis web. Sehingga dapat mengakomodir kebutuhan
akan permintaan jasa pengiriman barang yang semakin meningkat setiap waktunya.
B.
Studi Pustaka
Studi kepustakaan bertujuan untuk mempelajari dan
memahami dasar teori yang berhubungan dengan analisa kebutuhan yang telah
dilakukan. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari dan mendapatkan data
secara teoritis melalui literatur-literatur, jurnal penelitian, bahan kuliah,
dan sumber lainnya dari internet yang berhubungan dengan materi kajian
penerimaan sistem informasi/teknologi informasi, khususnya terkait transportasi
jasa pengiriman barang dan perancangan sistem informasi berbasis web
C.
Perancangan
1.
Rancangan Masukan Barang
2.
Rancangan Keluaran Barang
3.
Rancangan Antar Muka
4.
Rancangan Tampilan Program
D. Kesimpulan
Berdasarkan deskripsi data penelitian dan setelah dikalukan analisis
serta pengujian maka dapat disimpulkan secara garis besar adanya perancangan
sistem informasi jasa pengiriman barang berbasis web sangat membantu. Dapat
melakukan login, atau memonitoring keberaan barang pada saat pengiriman berlangsung.
Tercapainya tujuan utama dalam penelitian ini yakni: a. Merancang dan membuat
sebuah sistem informasi jasa pengiriman barang. b. Memberikan pengenalan,
pemahaman tentang pembuatan aplikasi jasa pengiriman barang.
DAFTAR
PUSTAKA
[1] Febrian, Jack. 2004. Kamus Komputer dan Istilah Teknologi
Informasi. Penerbit Informatika Bandung. Bandung.
[2] Hermawan, ferry, dkk. 2010. Jurnal: Pengembangan Angkutan Uumum
didaerah Suburban Kota Semarang Berbasis Sistem Informasi Geografis. Bandung:
Aptikom.
Paper 3
Penulis : Nur’Ainun, Hartono , Jimmy
Tahun : 2016
Review : Muhammad
Devan Haidar
PERANCANGAN
APLIKASI MOBILE REPOSITORY SKRIPSI (SKRIPSI ALUMNI MAHASISWA) STMIK IBBI MEDAN
BERBASIS ANDORID
A.
Pendahuluan
Pada
saat ini teknologi informasi berbasis Android Mobile telah berkembang dengan
pesat dan telah digunakan secara luas mulai dari Online Shop Mobile, Mobile
E-Learning, Portal Perguruan Tinggi Mobile, Profil Perusahaan Mobile, dan
lain-lain. Semakin berkembangnya zaman, semakin cepat juga teknologi tersebut
dan semakin mudah untuk diakses atau dipergunakan oleh pengguna.
Di kampus STMIK IBBI Medan, pada saat ini hanya menerapkan sistem
peminjaman skripsi secara manual, yaitu masih meminjam skripsi ke perpustakaan
dan masih ada biaya keterlambatan pengembalian buku. Saat ini sistem manual
sudah tidak efektif lagi. Dengan adanya sistem repository ini, sebuah tempat
penyimpanan data yang masih manual berkembang menjadi digital yang berkaitan
dengan perpustakaan dan terjadi perkembangan sistem informasi yang sangat
pesat. Dengan adanya sistem ini, mahasiswa STMIK IBBI Medan akan lebih mudah
mengakses dan mencari referensi dari skripsi alumni yang sangat praktis, dan
dapat di akses dimana saja dan kapan saja secara online.
B.
Metodologi Penelitian
Metode penelitian pada skripsi ini
adalah metode penelitian dan pengembangan. Metode Penelitian dan Pengembangan
adalah metode penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu
serta menguji efektifitas produk tersebut. Adapun metode perancangan yang
dilakukan saat perancangan sistem ini adalah dengan melakukan pengumpulan
data-data, bahan-bahan dan informasi untuk perancangan sistem repository
skripsi. Kemudian lanjut ke tahap merancang dan mendesain tampilan-tampilan
tiap menu yang akan ditampilkan dalam aplikasi ini dan perancangan dilakukan
dengan menggunakan PHP dan MySQL.
C.
Kesimpulan
Berdasarkan dari hasil analisa pada STMIK
IBBI Medan, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah
sebagai berikut:
1. Dari hasil kuisioner menunjukkan bahwa banyaknya dukungan yang setuju dan sangat setuju pada
perancangan sisitem ini mencapai 92% . Sehingga peneliti dapat menarik
kesimpulan bahwa sistem ini cukup memadai untuk membantu mahasiswa mencari
referensi skripsi.
2. Perancangan aplikasi mobile repository skripsi berbasis android ini
mempermudah mahasiswa mencari dan melihat skripsi alumni tanpa ada batasan
waktu peminjaman skripsi.
DAFTAR PUSTAKA
Hasugian, J. (2012). Internal Repository pada
Perguruan Tinggi. www.repository.usu.ac.id , 1-14.
Paper 4
Penulis : Nur’Ainun, Hartono , Jimmy
Tahun : 2016
Review : Muhammad
Devan Haidar
SISTEM
INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN LAHAN PERTANIAN DAN KOMODITI HASIL PANEN KABUPATEN
KUDUS
A.
LATAR BELAKANG
Sistem Informasi Geografis (Geographic
Information System disingkat GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola
data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Pengertian
informasi geografis adalah informasi mengenai tempat atau lokasi, dimana suatu
objek terletak di permukaan bumi dan informasi mengenai objek dimana lokasi
geografis itu berada untuk dianalisa dalam pengambilan keputusan. Kebanyakan
untuk mengolah data yang berupa data GIS masih banyak yang menggunakan aplikasi
desktop atau hanya bisa dijalankan di satu komputer padahal dengan semakin
majunya perkambangan menuntut manusia untuk mengasilkan informasi yang lebih
mudah yaitu dengan cara mengembangkan GIS secara online (melalui media
internet) dan bisa di akses darimana saja.
B. BATASAN MASALAH
Untuk memfokuskan permasalahan agar
tidak meluas, maka penulis membatasi permasalahan sebagai berikut:
1. Aplikasi akan dibangun dengan
menggunakan GIS berbasis web dengan Map API V3.
2. Ruang lingkup aplikasi ini sesuai denngan rumusan
diatas maka perlu dikelompokan sebagai berikut:
A. Pendataan dan Pemetaan Lahan
Pertanian
B. Pendataan Pemilik Lahan dan
Pendataan kelompok tani
C. Proses Penanaman : - Pendataan
Tanaman - Tahap Penanaman - Waktu musin tanam -
Kebutuhan Biaya
D. Pengajuan proposal oleh kelompok
tani ke pemerintah daerah
E. Distribusi bantuan dari pemerintah
ke kelompok tani
F. Pendataan komoditi dan distribusi
hasil panen
3. Data sempel pendataan hanya mencakup daerah Kabupaten
Kudus Kecamatan Undaan Desa Ngemplak.
C. TUJUAN PENULISAN
Tujuan dari dilulisnya penelitian ini
adalah Merancang dan membangun Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lahan
Pertanian dan Komoditas Hasil Panen yang selama ini dalam proses pendataannya
masih manual diganti dengan sebuah sistem yang mempermudah dan efisien untuk pendataan
lahan pertanian dan komoditas hasil Pertanian.
D. KESIMPULAN & SARAN
1.
Kesimpulan
Dari hasil analisa dan perancangan, serta implementasi
dan pembahasan pada bab sebelumnya dalam skripsi ini dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut :
· Menghasilkan sistem informasi geografis pemetaan secara online di Dinas
Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kaupaten Kudus dengan MAP API V3.
· Dalam aplikasi memuat data pertanian berupa peta lahan pertanian, data
komoditi hasil panen, data kelompok tani, data anggota kelompok tani, data
tanaman, data penyuluhan, data bantuan, data jenis lahan
· Pendataan mencakup Desa Ngemplak Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus
2.
Saran
Meskipun rancang bangun Sistem Informasi Geografis
Pemetaan Lahan Pertanian dan Komoditi Hasil Panen Kabupaten Kudus telah
berhasil dilaksanakan, sistem ini masih dapat berkembang lagi untuk menjadi
sistem yang lebih baik dan kompleks
Saran
yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut :
· Dalam penelitian ini, aplikasi dibangun dengan mengunakan website bisa dikembangkan
dan dibuat versi android agar lebih mudah diakses dan lebih mudah dijalankan.
· Dalam aplikasi menggunakan MAP APLI V3, MAP API bisa di upgrade pada
versi yang lebih baik dan besar
DAFTAR PUSTAKA
1.
Yousman, Yeyep. 2004. Sistem Informasi Geografis dengan MapInfo
Profesional. Andi Yogyakarta. ISBN/ISSN, 979-731-417-0
2.
Gunawan, Budi. 2011. “Pemanfaatan
Sistem Informasi Geografis untuk Analisa Potensi Sumber Daya Lahan Pertanian di
Kabupaten Kudus”. Jurnal Sains dan Teknologi Volume 4, Nomer 2, hal.
122-132.
3.
Narulita, Ida, Arif Rahmat, dan
Rizka Maria. 2008. “Aplikasi Sistem Informasi Geografis untuk Menentukan Daerah
Prioritas Rehabilitasi di Cekungan Bandung”.
Jurnal Riset Geologi dan Pertambangan Jilid.18, Nomer.1, Hal 23-35.
Paper 5
Penulis : Sudarmin Manik , Nova Syafrina
Tahun : 2016
Review : Muhammad
Devan Haidar
PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP
KINERJA DOSEN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI RIAU
A.
PENDAHULUAN
Dewasa ini kemajuan bangsa tergantung kepada
sumber daya manusia yang ada. Semakin maju suatu negara memerlukan sumber daya
manusia yang berkualitas. Dalam era globalisasi sekarang ini, masyarakat
Indonesia dituntut agar memiliki kualitas intelektual yang mampu bersaing
dengan bangsa asing.
Dosen yang berkualitas adalah dosen yang
memiliki kompetensi dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Adapun
kompetensi yang harus dimiliki seorang dosen dalam melaksanakan tugasnya adalah
kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional dan
kompetensi sosial.
B.
TINJAUAN PUSTAKA
Dessler dalam Sutrisno (2016) manajemen
sumber daya manusia dapat didefinisikan suatu kebijakan dan praktik yang
diperlukan seseorang yang menjalankan aspek orang atau sumber daya manusia dari
posisi seseorang manajemen, mulai dari perekrutan sampai dengan penilaian Manajemen
Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan anggota
organisasi agar efektif dan efisien agar terwujudnya tujuan perusahaan,
karyawan, dan masyarakat (Melayu Hasibuan, 2016)
C.
METODE PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi Riau Jalan HR. Subrantas No. 57 Panam Pekanbaru. Dalam penulisan
skripsi ini, penulis menggunakan cara pengumpulan data melalui kuisioner berupa
daftar pertanyaan yang disebarkan kepada seluruh Dosen Tetap Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi Riau. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja dosen,
digunakan skala likert. Skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat
dan presepsi seseorang atau kelompok orang tentang fenomenal sosial. Dengan
skala likert, maka variabel yang diukur dan dijabarkan menjadi indikator
variabel. Populasi dalam penelitian ini dilakukan kepada seluruh dosen Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi Riau yang berjumlah 54 orang. Dalam penelitian ini penulis
menggunakan teknik Sampling Jenuh.
Jadi sampel dalam penelitian ini adalah 54 orang dosen. Teknik analisis data
yang digunakan adalah teknik kuantitatif dengan persamaan regresi linier
sederhana.
D.
KESIMPULAN DAN SARAN
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan
beberapa hal sebagai berikut: Dari hasil output SPSS diatas nilai R=0,736, hal
ini berarti secara simultan insentif dan kepuasan kerja memiliki hubungan yang
sangat erat terhadap kinerja karyawan. Sedangkan nilai R square 0,541, hal ini
berarti kompetensi memberikan sumbangan pengaruh terhadap kinerja sebesar
54,1%. Sedangkan dari hasil Uji t atau uji hipotesis bahwa kompetensi
berpengaruh signifikan terhadap kinerja dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau.
Diharapkan kepada dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Riau dapat meningkatkan
kinerjanya melalui keahlian masing-masing dengan cara meningkatkan jabatan
fungsional dan sertifikasi dosen.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian, Edisi Revisi,
Rineka Cipta, Jakarta.
2.
Djohar. (2006). Guru, Pendidikan
dan Pembinaannya (Penerapannya dalam Pendidikan dan UndangUndang Guru dan
Dosen). Yogyakarta : Sinar Grafika
3.
Fahmi, Irham. 2014. Perilaku
Organisasi. Alfabeta. Bandung
Paper Yang Saya Sukai Dengan Judul
PAPER 5
Judul : PENGARUH
KOMPETENSI TERHADAP KINERJA DOSEN SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI RIAU
Tahun : 2016
Penulis : Sudarmin
Manik , Nova Syafrina
ALASAN : Karena menurut saya
dengan meningkatnya sumber daya manusia (pengajar/dosen) yang berkualitas
sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pola pikir generasi muda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar