Aplikasi Untuk Sistem
Informasi Akademik Mahasiswa
Disusun oleh :
1. Muhammad Devan Haidar
(20311449)
2. Muhammad Romdoni (20311086)
3. Juan Adi Putra (20311447)
4. Dimas Wahyu Bhatara
(20311057)
5. Ardiyansah (20311132)
1.
PENDAHULUAN
1.1
Tujuan
Dokumen
ini berisi Software Requirement Spesification (SRS) untuk Sistem Informasi
Akademik Mahasiswa.
Tujuan dari penulisan dokumen ini adalah untuk :
1.1.1
memberikan
penjelasan mengenai perangkat lunak yang akan dibangun baik berupa gambaran
umum maupun penjelasan detil dan menyeluruh.
1.1.2
Pengguna
dari dokumen ini adalah pengembang perangkat lunak Sistem Informasi Akademik Mahasiswa.
1.1.3
Dokumen
ini akan digunakan sebagai bahan acuan dalam proses pengembangan dan sebagai
bahan evaluasi pada saat proses pengembangan perangkat lunak maupun di akhir
pengembangannya.
1.2
Lingkup
Masalah
Perangkat
lunak yang akan dikembangkan adalah perangkat lunak Sistem Informasi Akademik Mahasiswa, yaitu merupakan perangkat lunak yang
digunakan untuk mempermudah proses memperoleh informasi tanpa harus melakukan interaksi secara langsung. Aplikasi informasi akademik ini dapat melakukan hal-hal berikut ini :
1.2.1
Fasilitas Login untuk admin,pegawai, Dosen dan Mahasiswa/i untuk menghindari penyalahgunaan hak
akses.
1.2.2
Menampilkan daftar Mahasiswa yang terdaftar di dalam Mahasiswa.
1.2.3
Menampilkan daftar Dosen serta mata
kuliah yang di ajarkan sesuai dengan jadwalnya.
1.2.4
Admin dapat melihat dan mengatur sistem informasi akademik tersebut.
Dengan adanya Aplikasi ini diharapkan, Kemudahan bagi Mahasiswa/i
untuk memperoleh informasi
tanpa harus melakukan interaksi langsung dengan bagian administrasi karena
informasi tersebut dapat diperoleh dengan melakukan pencarian data melalui
komputer yang terkoneksi langsung
secara internet.
1.3
Definisi,
Akronim dan Singkatan
Tabel 1.Definisi, Singkatan dan Akronim
Istilah,
Akronim dan Singkatan |
Keterangan |
Admin |
Merupakan seseorang yang bertanggungjawab untuk perawatan sistem dan serta bertanggungjawab terhadap operasional
sistem. |
Rektor |
User ini hanya mempunyai hak akses untuk melihat keseluruhan laporan. |
Pegawai |
User ini hanya mempunyai hanya dapat melihat Laporan Data diri Dosen, melihat Laporan Data diri Mahasiswa,
Laporan Jadwal Pelajaran, Laporan Nilai Mahasiswa. |
Dosen |
User ini hanya dapat melihat laporan data diri pribadi dan laporan Mahasiswa. |
Mahasiswa/i |
User ini hanya dapat melihat laporan data diri dan data nilai pribadi Mahasiswa. |
1.4
Referensi
Dokumen-dokumen
yang digunakan sebagai referensi dalam pembuatan SKPL ini adalah sebagai
berikut:
1.4.1
DOKUMEN1: menjelaskan tentang database
system dan database informasi akademik.
1.4.2
DOKUMEN2: daftar Mahasiswa,Daftar Dosen,Daftar pegawai, Daftar Matapelajaran dan Jadwal Mata Pelajaran.
1.5
Deskripsi Umum Dokumen
Dokumen
ini secara garis besar terdiri dari Dua bab dengan perincian sebagai berikut:
1.5.1
Bab 1 Pendahuluan, merupakan pengantar
dokumen SKPL yang brisi tujuan penulisan
dokumen, lingkup masalah pengembangan perangkat lunak, juga memuat definisi,
akronim dan istilah yang digunakan serta
deskripsi umum dokumen yang merupakan ikhtisar dokumen SKPL.
1.5.2
Bab 2 Deskripsi Global Perangkat
Lunak, mendefinisikan perspektif produk perangkat lunak serta asumsi dan
ketergantungan yang digunakan dalam pengembangan aplikasi Sistem Informasi Akademik
Mahasiswa.
2
DESKRIPSI
UMUM
2.1
Perspektif Produk
Sistem Informasi Akademik Mahasiswa adalah suatu sistem yang bertujuan untuk
mendukung penyelenggaraan pendidikan, sehingga bagian akademik Mahasiswa dapat menyediakan layanan informasi yang lebih baik kepada
yang membutuhkan. Sistem ini juga sangat membantu para Dosen dalam hal
pengolahan nilai. Sistem Informasi ini merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah
yang sedang dihadapi oleh Mahasiswa. Informasi yang dibutuhkan akan lebih
aktual, mempercepat pencarian data, memperkecil kesalahan dalam pemasukan data
dan tercipta pengendalian dalam menyiapkan laporan yang diperlukan.
Pada sistem ini, untuk proses
input data yang dilakukan tidak jauh beda. Seorang administrator memasukkan
data-data yang ada ke dalam sebuah sistem. Namun yang membedakan yaitu pada
sistem yang baru akan dilengkapi database yang akan menyimpan semua data-data
yang telah diinputkan oleh administrator tersebut.
Untuk proses pengeditan serta
penghapusan data-data yang ada, pada sistem yang baru akan dilengkapi sebuah
sistem pencarian. Dimana apabila administrator ingin melakukan pengeditan salah
satu data yang ada, administrator melakukan proses pencarian terlebih dahulu
sesuai primary key pada data tersebut, kemudian barulah data tersebut dapat
dirubah. Sehingga sistem informasi akademik dan keMahasiswaan yang dibuat akan
lebih efektif, efisien dan akurat. Untuk proses laporan secara keseluruhan
administrator tidak perlu buat secara manual, karena semua laporan sudah dapat
diproses oleh sistem.
2.2
Fungsi Produk
Perangkat Lunak Sistem Informasi Akademik Mahasiswa
ini mempunyai beberapa fungsi utama, antara lain:
2.2.1
Kemudahan bagi Mahasiswa/i untuk memperoleh informasi tanpa
harus melakukan interaksi langsung dengan bagian administrasi karena informasi
tersebut dapat diperoleh dengan melakukan pencarian data melalui komputer yang
terkoneksi secara internet.
2.2.2
Penyimpanan data yang terstruktur
dikarenakan Sistem Informasi Akademik menggunakan database yang tersimpan
didalam komputer.
2.3
Karakteristik Pengguna
Sistem informasi
akademik dan keMahasiswaan yang dirancang ini merupakan sistem dengan akses
terbatas. Dalam pengoperasiannya sistem ini nantinya hanya 2 jenis user, yaitu:
2.3.1
Administrator
User ini memiliki hak penuh untuk melakukan pengaturan
sistem. Hal tersebut dilakukan demi keamanan sistem. Dan user ini juga bertugas
menginputkan data, serta membuat laporan.
2.3.2
Kepala Mahasiswa
User ini hanya mempunyai hak akses untuk melihat
keseluruhan laporan.
2.3.3
Mahasiswa
User ini hanya dapat melihat laporan data diri dan data
nilai pribadi Mahasiswa.
2.3.4
Dosen
User ini hanya dapat melihat laporan data diri pribadi dan
laporan Mahasiswa.
2.3.5
Bagian Kepegawaian
User ini hanya mempunyai hanya dapat
melihat Laporan Data diri Dosen.
2.4
Batasan-batasan
Pengembangan
Aplikasi Sistem infomasi
Akademik Mahasiswa ini
memiliki keterbatasan-keterbatasan yaitu sebagai berikut :
Hal-hal yang menjadi batasan adalah:
2.4.1
Sistem Pendataan Mahasiswa Aktif,
Meliputi : data diri Mahasiswa aktif (yang telah diterima diMahasiswa)
2.4.2
Sistem Pendataan Dosen, Meliputi data
diri Dosen dan mata pelajaran yang diajar.
2.4.3
Sistem Penjadwalan Mengajar, Meliputi
: Dosen dan kelas
2.5
Asumsi dan Ketergantungan
Asumsi-asumsi
pada sistem informasi poliklinik ini adalah:
2.5.1
Setiap entitas mempunyai hak akses.
2.5.2
Admin bisa melihat sistem secara
keseluruhan, dapat mengatur data-data user.
2.5.3
Bagian kepegawaian service mempunyai wewenang untuk mengatur data-data mahaMahasiswa dan Dosen
3
DESKRIPSI
RINCI KEBUTUHAN
3.1
Kebutuhan
antar muka eksternal
3.1.1
Antarmuka pemakai
Aplikasi Sistem Informasi Akademik Mahasiswa ini menggunakan antarmuka berbasis web, dan pengguna
mengoperasikannya menggunakan keyboard
dan mouse dengan sistem operasi windows.
3.1.2
Antarmuka Perangkat Keras
Aplikasi ini berjalan di atas perangkat keras berupa beberapa komputer yang saling terhubung oleh jaringan internet dan berkomunikasi
dengan protocol https. Dimana
file aplikas iditempatkan pada webhosting yang
dioperasikan oleh Administrator
3.1.3
Antarmuka perangkat lunak
Sistem
Aplikasi penjualan tiket bola adalah program yang akan dibangun
menggunakan bahasa PHP, DBMS MySQL
dan akan berjalan pada Sistem Operasi Windows dan akan memakai
browser browser computer .
3.1.4
Antarmuka komunikasi
Sistem SSL-128 merupakan sistem sertifikasi jaringan internet untuk
menjagakeamananbertransaksi, system iniakanmengenkripsi data taransaksi yang
dilakukan.
3.2
Kebutuhan
Fungsionalitas
3.2.1
Fungsi user
3.2.1.1
Login sebagai user
Sebelum mengunakan aplikasi, user harus login untuk mendapatkan hak akses
sesuai dengan jenis login yang dipilih
3.2.1.2
pengelolaan user
admin memiliki otoritas untuk menambahkan mengedit dan menghapus user
yang terdiri dari pemilik, pegawai, Mahasiswa
dan Dosen. Untuk pengelolaan
user dengan mengklik menu admin dan sub menu pengelolaan user.
3.3
Performansi
Tidak ada batasan performansi
karena kemampuan perangkat keras yang digunakan telah memadai.
3.3.1
Batasan Memori
Besarnya memory yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi penjualan tiket
bolo sebesar 128 MB. Besarnya kapasitas harddisk pada PC yang digunakan untuk
instalasi web browser adalah sebesar 100
MB.
3.4
Atribut
Kualitas Perangkat Lunak
3.4.1
Keandalan
Aplikasi Sistem Informasi Akademik Mahasiswa ini dapat digunakan selama 1 X 24 jam, dengan dukungan sistem operasi Windows
yang memiliki stabilitas yang tinggi.
3.4.2
Ketersediaan
Aplikasi Sistem Informasi Akademik Mahasiswa ini dapat berjalan dan tersedia selama tidak
mengalami kendala, seperti pasokan suplai tenaga listrik atau terkendalanya
jaringan lokal, jaringan internet serta
web server hosting aplikasi.
3.4.3
Keamanan
Admin dan user harus melakukan log in untuk dapat mengakses sistem dan
didukung keandalan dari server penyedia hosting. Untuk melakukan
transaksi, pelanggan dilengkapi
dengan user id yang unik dan password. Site juga dilengkapi dengan enkripsi
SSL-128 yang meng-enkripsi setiap data
yang dikirim melalui jaringan internet.
3.4.4
Perawatan
Aplikasi ini dibuat secara full parameter dan
dinamis. Isi site,
serta informasi yang
terdapat di dalamnya dapat diupdate
kapan saja sesuai dengan
keputusan management stadion. Management hanya
perlu mengakses aplikasi sebagai administrator
dan mengakses menu
yang khusus disediakan untuk administrator.
3.5
BatasanPerancangan
Sistem informasi
akademik ini akan diimplementasikan pada Sistem server berbasis
apache, menggunakan bahasa pemrograman PHP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar